KISAH NYATA ,MALAPETAKA SI CANTIK RUMPUT FATIMAH LABISA PUMILA (TRUE STORY).! TOLONG SEBARKAN


Petaka Si Cantik Fatimah Labisa Pumila di Banyumas (True Story) by Dr. Suryo Bawono, SpOG
Saya akan menceritakan salah satu kejadian yang pernah saya alami. Waktu itu saya tengah berdinas di RSUD Banyumas, di Jawa Tengah. Sebagai deskripsi, RSUD Banyumas saat itu merupakan rumah sakit negeri yang cukup diminati pasien dengan kebersihan setara hotel berbintang.
Saya menerima pasien yang datang dengan kehamilan pertama, usia kehamilan 9 bln. serta sudah mulai masuk persalinan dengan kontraksi ra*im yang teratur serta pembukaan 2 cm kira-kira jam 7-8 pagi. Hasil perekaman jantung ja*in tunjukkan bahwa ja*in dalam kondisi baik serta sanggup menjalani persalinan. Berhubung pembukaan masih kecil, jadi pasien diistirahatkan di kamar sambil menunggu pembukaan bertambah.
Waktu itu saya full day tinggal dirumah sakit 24-7 alias 24 jam serta 7 hari. Waktu saya tengah istirahat sore jam 7an malam, tiba-tiba saya dikejutkan berita dari bidan jagalah yang menginformasikan bahwa pasien itu kesakitan serta waktu dilakukan perekaman jantung nyatanya denyut jantung telah tiada alias ja*in telah meninggal. Suami pasien serta keluarga pasien marah-marah serta menyalahkan saya serta penanganan yang diberikan.
Waktu saya lakukan pemeriksaan, saya temukan kondisi yg tidak wajar. Pembukaan masih tetap 2-3 cm dengan kontraksi yang sangatlah kuat yang seperti kontraksi pada pembukaan 8-9 cm. Saya terasa pasti ada yg tidak beres, waktu saya tanyakan ke keluarganya, apakah ada diberikan `sesuatu` awalnya mereka tak mengaku. Saya minta bidan saya mengecek ke kamar pasien adakah yang mencurigakan sambil saya selalu menguimpulkan info dari keluarga pasien. Mereka masih tetap berusaha menyalahkan penanganan rumah sakit atas meninggalnya ja*in itu. Tetapi akhirnya bidan jaga menemukan ada rendaman `rumput` serta gelas di kamar pasien, serta barulah keluarga pasien tersebut mengakui.
Ternyata pasien telah diberikan minuman rendaman rumput fatimah waktu di kamar rawatan, serta ini diluar pengetahuan dokter. Seperti kita ketahui bahwa `rumput fatimah` (Labisa pumila) berasal dari Timur Tengah serta memiliki sebutan lain seperti Kaf Mariyam (bhs arab) yang bermakna `telapak tangan mariyam`, serta sebagian orang barat menyebutnya juga sebagai Mawar Jericho. Tanaman ini memiliki dampak uterotonik alias dapat mengakibatkan kontraksi ra*im. Kontraksi ra*im yang ditimbulkannya dapat menyebabkan persalinan, oleh karenanya beberapa orang menggunakan tumbuhan ini untuk `memperlancar persalinan`.
Akan tetapi takaran dosis tidak bisa di pastikan, dengan demikian batas aman juga susah diputuskan. Apabila satu zat dapat menyebabkan kontraksi, jadi dalam kadar rendah dapat `memperlancar persalinan`. Tetapi pada kadar yang tinggi ada bahaya yang mengintai, yaitu bisa menyebabkan kontraksi yang terlalu berlebih atau over (istilah medisnya : hiperstimulasi). Keadaan inilah yang sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan ja*in tak sanggup sampai bisa meninggal, atau bahkan juga ra*im yg tidak sanggup sampai bisa robek serta menyebabkan meninggalnya ibu serta ja*in.
Oleh karena itu, saya selalu himbau untuk seluruhnya pasien, keluarga pasien, kenalan, rekanan, tetangga dan lain-lain supaya menyebarluaskan bahaya si cantik Fatimah ini. Janganlah sekali-kali konsumsi rumput Fatimah ini waktu ja*in masih tetap di dalam perut, tetapi apabila bayi telah lahir, silahkan saja ingin minum seberapa banyak anda ingin akan tidak ada permasalahan.
Mohon disebarluaskan info ini, saya serta anda semua memiliki tanggung jawab untuk mengemukakan info ini pada siapa juga karena info ini dapat `menyelamatkan` nyawa seseorang.